Komunitas Blogger Perempuan Indonesia

Tips Liburan ke Pantai, Tetap Sehat dan Hargai Alam

Tips Liburan ke Pantai, Tetap Sehat dan Hargai Alam

Tak ada yang menandingi semilir angin laut yang lembut, suara deburan ombak yang merdu, serta sinar matahari yang hangat selain di pantai! Tapi pastikan kamu ikuti tips liburan ke pantai berikut biar tetap kesenangan didapatkan secara maksimal.

Lagipula, menghabiskan waktu berlibur di pantai memiliki manfaat yang super beragam, dimulai dari meningkatkan suasana hati hingga memerangi depresi.

Udara asin yang menyimpan sejumlah ion negatif dapat meningkatkan kadar serotonin di dalam tubuh kita, sehingga tak heran jika anak pantai nampak selalu bahagia.

Tapi sebagus-bagusnya pantai, kamu harus tahu dulu tips liburan ke tempat tersebut biar tak salah langkah. Tanpa banyak basa-basi lagi, berikut adalah daftarnya.

Selalu Pakai Tabir Surya

tabir surya pantai

Mungkin tips ini jarang banget diindahkan oleh mereka yang bermain ke pantai, padahal menurut para ahli kesehatan dan traveler berpengalaman mengatakan bahwa tabir surya adalah hal wajib untuk kamu kenakan.

Pasalnya, sekalipun matahari di pantai terasa hangat dan nyaman, namun berbeda saat di tengah-tengah terik matahari yang biasanya akan terasa begitu menyengat.

Sengatannya tersebut tak jarang membuat seseorang mengalami kulit terbakar hingga kanker kulit yang begitu mematikan.

Selain itu, pastikan juga kamu memilih tabir surya yang tepat, yakni dengan menggunakan varian SPF 30+ dan oleskan terus setiap jamnya untuk perlindungan terbaik.

Kenakan Kacamata Hitam

Buat kamu yang selalu malu mengenakan kacamata hitam karena takut disebut sebagai anak alay, maka tak perlu lagi menahan diri untuk menggunakannya karena pantai memang tempatnya.

Bahkan kacamata hitam tersebut bukan hanya akan membuat kamu nampak lebih bergaya, juga melindungi mata kita dari penyakit terkait indera penglihatan. Ini juga berlaku saat kamu liburan ke Bali.

Sebagai informasi, terdapat bentuk gangguan mata yang paling agresif akibat cahaya matahari di pantai yang disebut sebagai melanoma okular.

Makanya demi melindungi diri kita darinya, carilah kacamata hitam yang mampu menghalangi hingga 100% radiasi UVA/UVB sekaligus menyaring 75-90% cahaya yang nampak.

Kemudian gabungkan dengan mengenakan tabir surya di wajah untuk mendapatkan perlindungan secara maksimal seperti yang sudah disebutkan di atas.

Datanglah Sepagi Mungkin

matahari terbit pantai

Terlepas dari jam berapa kamu sampai ke penginapan, akan jauh lebih baik jika kamu datang ke tempat tersebut sepagi mungkin tepat sebelum dikerubungi banyak orang. Bahkan melihat matahari terbit saat main ke pantai menjadi salah satu tips liburan terbaik yang harus kamu dapatkan.

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan! Pertama, kamu bisa menikmati matahari pagi yang penuh dengan vitamin D. Deburan ombak dan angin laut pagi juga lebih terasa menyegarkan dibandingkan dengan siang hari.

Tepat setelah matahari berada di atas ubun-ubun kepala, segera menepi ke warung terdekat untuk makan siang sembari terhindar dari keramaian.

Baik sinar matahari dan segerombolan orang di siang hari kurang begitu bagus bagi kesehatan, terutama jika kamu berlibur di masa pandemi seperti sekarang.

Bawa Peralatan yang Diperlukan

Di beberapa pantai yang terkenal seperti Bali, memang ada jasa yang menawarkan rental peralatan pantai untuk kita gunakan.

Akan tetapi jika kamu berlibur dengan menggunakan mobil pribadi, akan lebih baik jika membawa peralatan tersebut sendiri dari rumah dan disimpan ke dalam bagasi.

Adapun jenis peralatan yang disarankan tersebut diantaranya:

  • Ember kecil dan sekop mainan. Kamu dan anak-anak bisa bermain pasir pantai dengan membuat berbagai macam bentuk dan pola. Bermain pasir ini menjadi salah satu kegiatan terwajib yang harus kamu lakukan di pantai manapun!
  • Tikar pantai. Layaknya seperti berpiknik, kamu bisa bersantai di atas pasir dengan beralaskan tikar demi memberi tahu orang-orang bahwa area tersebut sudah kamu dan keluarga tandai. Siapkan juga camilan terbaik agar bisa menikmati waktu makan bersama orang terdekat.
  • Kursi lipat pantai. Ada loh kursi lipat pantai yang didesain sebagai alat portabel, sehingga tetap hemat ruang bagasi saat membawanya.
  • Payung pantai. Mungkin ini salah satu peralatan terwajib biar kamu tetap merasakan hembusan angin pantai di siang hari tanpa harus terkena sinar matahari secara langsung.

Saat disewa, peralatan ini bisa menghabiskan uang kamu sekitar 50 ribu rupiah. Maka dari itulah, mending membeli sebagai bagian dari tips liburan murah karena bisa dipakai berkali-kali nantinya.

Bawa Makanan dan Minuman Sendiri

piknik di pantai

Ada loh warung-warung di pantai yang menjual harga makanan dan minuman 3 kali lipat lebih mahal daripada harga normal.

Untuk itulah, jika bisa kamu harus membawa makanan dan minuman tersebut dari rumah – apapun bentuknya.

Dimulai dari makanan berat seperti nasi, camilan, hingga minuman bersoda, pastikan kamu persiapkan terlebih dahulu dan beli di alfamart/indomart terdekat.

Bahkan akan jauh lebih baik jika kamu memiliki box es yang bisa menahan minuman tetap dingin dan segar.

Bayangkan, menenggak sebotol air yang terasa dingin di pantai yang panas, pasti kesegarannya akan sampai dan terasa hingga ke ubun-ubun!

Bawa Pakaian Ekstra

Sesantai-santainya kita main di pantai, sudah barang tentu ada godaan untuk bermain basah-basahan hingga berenang di tepian lautan yang luas sambil merasakan deburan ombak yang hangat.

Untuk alasan ini jugalah, disarankan untuk membawa baju ganti biar kamu tak menahan diri untuk bermain secara maksimal di tempat tersebut.

Tak mau kan kamu menunggu pakaian yang basah hingga kering setelah berenang menempel di badan? Selain memberikan ketidaknyamanan, kamu juga beresiko terkena masuk angin, terutama di malam hari.

Tak perlu yang mewah, cukup bawa saja pakaian ekstra berupa celana pendek dan kaos oblong, biar tidak berat saat basah setelah menyerap air laut.

Jangan Lupa Bawa Hiburan

hiburan di pantai

Kamu juga tak dilarang untuk melakukan hobi saat bermain ke pantai. Silahkan bawa buku bagi yang suka membaca, dan silahkan membawa gitar bagi kamu yang suka bermusik.

Tapi ingat, jangan sampai aktivitas hiburan kamu mengganggu orang lain di sekitarnya, apalagi harus merusak lautan dengan sampah-sampah dan kelakuan yang toksik.

Liburan ke pantai akan jauh lebih menyenangkan jika tidak membuat masalah dengan orang lain atau disumpahin oleh alam itu sendiri.

Ingat, salah satu tujuan pergi berlibur adalah untuk mendapatkan kesenangan dan pengalaman yang berharga. Jadi, jangan sampai dirusak oleh aktivitas-aktivitas yang tak bertanggung jawab.

Lakukan hiburan tersebut sesuai porsinya, karena pengunjung di pantai tersebut bukanlah hanya kita seorang.

Jangan Sampai Barang Tertinggal

Sebelum pulang, pastikan kamu mengecek segala macam peralatan yang dibawa agar tidak ketinggalan, termasuk sampah!

Apa yang kita bawa dari rumah harus sampai lagi di rumah, dan itu pun berlaku bagi kantong plastik dan botol bekas air minum yang kamu bawa, jangan sampai mengotori lingkungan dan lautan.

Selain itu, jangan pula kamu mengambil objek-objek lautan seperti kelomang, bintang laut, karang, dan sebagainya karena dapat merusak ekosistem jika terjadi secara berkelanjutan.

Pantai merusakan salah satu destinasi terbaik untuk berlibur, maka dari itulah jangan sampai tempat tersebut dirusak oleh kelakuan kita yang kurang bertanggung jawab.

Leave A Reply

Your email address will not be published.