5 Cara Menghitung Usia Kehamilan Melalui Tanpa Dan Menggunakan Aplikasi

Cara menghitung usia kehamilan penting dilakukan oleh para mom di rumah. Sebab hal tersebut merupakan langkah awal untuk menjaga kesehatan kandungan dan perkembangan janin di dalamnya. Para mom di rumah bisa menggunakan banyak cara untuk mengetahui usia kehamilan loh. Berikut 5 cara mengetahui usia kehamilan (Gestational Age):

5 Cara Menghitung Usia Kehamilan Tanpa Bantuan Aplikasi

Dalam artikel ini, setidaknya akan dijelaskan 5 metode menghitung usia kehamilan para mom’s di rumah. Yuk simak baik-baik, agar tahu berapa usia si kecil di dalam perut.

1.      Metode HPHT

Metode pertama yang sering digunakan untuk menghitung usia kehamilan yaitu perhitungan mulai hari pertama siklus menstruasi terakhir. Pada wanita yang memiliki siklus menstruasi normal, pembuahan bisa terjadi pada hari ke 11 ataupun ke 21 setelah HPHT. Untuk mengetahui usia kehamilan, digunakan rumus sebagai berikut:

(tanggal HPHT + 7), (Bulan haid terakhir – 3), (tahun haid terakhir -1)

Keterangan: untuk HPHT mom di rumah yang tidak bisa dikurangi 3, seperti Januari-Maret. Maka, bulan haid terakhir ditambah angka 9 dengan tahun yang sama.

Mudah sekali kan mom’s? yang penting jangan lupa mencatat hari pertama siklus mens terakhir ya.

2.      Metode 4 1/3

Sebagian mom’s di rumah menganggap rumus ini sulit, karena menggunakan rumus. Namun, tidak perlu khawatir mom’s, kita bisa mempelajarinya sedikit demi sedikit, seperti penjelasan di bawah ini:

Rumus= (tanggal sekarang-tanggal HPHT), (bulan sekarang-bulan HPHT) x (4 1/3)

3.      Metode gerakan janin

Metode lain yang bisa mom’s gunakan untuk menghitung usia kehamilan yaitu melalui gerakan janin. Jika mom’s di rumah baru pertama kali hamil dan janin bergerak, maka diperkirakan usia kehamilan mom’s 18-20 minggu. Tapi jika kehamilan tersebut bukan yang pertama, maka gerakan janin menandakan bahwa usianya 16-18 minggu. Cukup mudah kan mom’s?

4.      Kalkulator kehamilan

Metode ini juga banyak digunakan oleh para wanita yang ingin mengetahui usia kehamilannya. Aplikasi kalkulator kehamilan yang memiliki desain animasi menarik, membuat banyak mom memilih menggunakannya. Caranya cukup mudah, tinggal masukkan HPHT, dan siklus haid mom, maka aplikasi tersebut akan menghitung usia kehamilan mom dengan cepat.

5.      Pemeriksaan USG

Cara terakhir merupakan cara yang paling akurat untuk menghitung usia kehamilan, akurasinya mencapai 95%. Ada 2 macam USG, yaitu USG transvaginal dan USG transabdominal, keduanya memiliki metode pemeriksaan yang berbeda.

USG transvaginal dilakukan untuk memastikan keberadaan kantong janin, lokasi janin, dan kelainan pada janin. Pemeriksaan USG ini melalui jalan lahir mom’s di rumah, biasanya dilakukan pada awal kehamilan. Sedangkan USG transabdominal dilakukan ketika usia kehamilan sudah cukup besar, sekitar 3 bulan atau 12 minggu.

Usia kehamilan akan terdeteksi secara akurat saat usia kehamilan sudah memasuki 4 minggu. Jadi sebelum melakukan USG, dokter akan mencocokkan HPHT mom’s di rumah dengan hasil USG nantinya. Biasanya dokter akan menyatakan mom’s di rumah benar-benar hamil saat usia kandungan berumur 4 minggu ke atas.

Itulah beberapa metode yang banyak digunakan wanita hamil untuk mengetahui usia kehamilannya. Mom’s biasanya pakai yang mana nih? Bagian selanjutnya akan dibahas mengenai rekomendasi aplikasi yang bisa memantau perkembangan janin loh. penasaran? Yuk simak penjelasan berikut ini:

 

7 Aplikasi Untuk Memantau Perkembangan Buah Hati Di Perut

Era digital seperti sekarang, membuat mom’s mudah mendapatkan informasi seputar kehamilan. Termasuk untuk memantau perkembangan buah hati yang ada di perut, mom’s bisa menggunakan 7 aplikasi di bawah ini:

1.      Aplikasi Ovia Pregnancy Tracker

Aplikasi ini lebih berfokus untuk mengatur makanan berdasarkan usia janin dan ibu hamil. Salah satu contoh cara kerja aplikasi ini yaitu menyarankan mom’s diet berdasarkan usia mom’s, berat janin, dan berat badan mom’s.

2.      Aplikasi Pregnancy App and Baby Tracker

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini yaitu Bumpie photo diary, yang bisa mom’s gunakan untuk membuat video time-lapse berisi foto perkembangan perut saat hamil. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan ragam rekomendasi nama bayi, kalender kehamilan, gambar perkembangan buah hati, video persalinan dan tipsnya.

3.      Aplikasi Teman Bumil

Untuk menemani masa kehamilan mom’s di rumah, aplikasi ini sangat disarankan untuk didownload loh. Karena di dalamnya banyak konten tentang parenting dan memantau tumbuh kembang buah hati hingga berusia 5 tahun. Fitur aplikasi ini sangat modern, yaitu dengan menggolongkan konten berdasarkan fase, seperti program hamil, masa kehamilan, merawat dan parenting buah hati.

4.      Aplikasi Hallobumil

Aplikasi ini merupakan aplikasi kehamilan yang paling interaktif, dengan menggunakan aplikasi ini, mom’s akan merasa berbincang dengan buah hati mom’s sejak di dalam kandungan hingga lahir. Fitur yang ditawarkan pun banyak sekali, seperti timeline kehamilan, timeline perkembangan anak, tracker menyusui, hingga tracker pertumbuhan buah hati.

5.      Aplikasi Diary Bunda

Aplikasi ini bekerja sama dengan dokter spesialis untuk memberikan tips dan informasi tentang kehamilan. Tidak hanya fitur kehamilan, aplikasi ini juga memberikan fitur pasca melahirkan. Seperti jadwal dokter anak, jadwal imunisasi, dan banyak pengetahuan tentang parenting.

6.      Aplikasi BukuBumil

Aplikasi ini berbasis Islami, yang menyediakan informasi seputar makanan khusus ibu hamil, keluhan kehamilan, hingga proses persalinan. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur playlist musik klasik, yang dapat membantu melatih kecerdasan buah hati sejak di kandungan. Jika Anda seorang Muslim, maka bisa menghidupkan Islamic mode, maka playlist musik klasik akan berganti menjadi lantunan ayat suci Al-Quran.

7.      Aplikasi Pregnancy+

Rekomendasi aplikasi kehamilan terakhir yaitu aplikasi pregnancy+. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur, seperti ukuran janin, pergerakan janin, hingga referensi nama bayi. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa membantu mom’s mencatat kenaikan berat badan per minggu loh.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi untuk menemani masa kehamilan dan pasca kehamilan mom’s d rumah. Lalu, apa sih manfaat memantau perkembangan kehamilan atau perkembangan janin? Yuk simak penjelasan berikut ini:

 

Manfaat Menghitung Gestational Age

Usia kehamilan menjadi data penting bagi para dokter untuk menentukan jadwal kontrol rutin mom’s. Tidak hanya itu, dengan mengetahui usia kehamilan yang tepat, maka ada banyak hal yang harus disesuaikan agar janin terstimulus dengan baik. Setidaknya ada 3 manfaat untuk mom’s apabila mengetahui usia kehamilan yang tepat:

  1. Memastikan mom’s dan janin mendapat asupan bernutrisi yang jumlahnya sesuai dengan kondisi mom’s dan janin.
  2. Mengetahui perkembangan janin dan kesehatan mom’s
  3. Mencegah terjadinya gangguan selama kehamilan

Itulah beberapa cara menghitung usia kehamilan dan informasi seputar kehamilan lainnya. Semoga kehamilan mom’s di rumah menyenangkan dan buah hati lahir sehat dan tidak kekurangan apapun.

 

Comments (17)
Add Comment